Jumat, 28 April 2017

10 Spot yang Wajib Dikunjungi di Kota Solo

10 Spot yang Wajib Dikunjungi di Kota Solo

Arif Wahyuni - Well, Solo is a very small city. Meski demikian keberadaanya cukup terkenal di seluruh penjuru dunia. Nama resmi Kota Solo sebenarnya adalah Kota Surakarta. Jadi bisa disimpulkan kalau Solo dan Surakarta adalah sama.

Dari dulu Kota Solo memang terkenal akan adat budayanya. Selain itu kota mungil ini juga tak kalah populer dengan wisata kulinernya. Tetapi jika Anda mencari pantai atau wisata air di kota ini dijamin tidak akan ketemu, karena pada dasarnya Solo terletak di tengah pulau.

Nah, bagi Anda yang berencana berlibur di Kota Solo ini, ada beberapa wisata yang sekarang sedang ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Apa saja itu? Berikut ulasannya!

10 Spot yang Wajib Dikunjungi di Kota Solo


1. Grojogan Sewu Tawangmangu


Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu adalah salah satu tempat wisata di Kota Solo yang bertemakan wisata alam. Bisa dibilang wisata ini adalah wisata yang paling terkenal. Terletak di sisi barat Gunung Lawu, Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan sebuah air terjun yang sangat indah dan didalamnya tersimpan banyak sekali misteri.

Lokasi air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu cukup dekat dari kota Solo, lokasinya sekitar 37 Km di sebelah Timur kota Solo, atau tepatnya berada di Kabupaten Karanganyar. Untuk bisa menikmati keindahan Grojogan Sewu ini wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp 18.000/orang.

2. Taman Balekambang


Taman Balekambang

Taman Balekambang merupakan objek wisata di Solo yang sering digunakan untuk mengisi waktu liburan, terutama bagi para remaja. Taman Balekambang berada di Jalan Ahmad Yani dengan total luas taman mencapai 10 hektar. Taman ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Taman Air Partini yang digunakan untuk permainan perahu, dan Hutan Partinah yang memiliki koleksi aneka jenis tanaman langka. Taman Balekambang keberadaanya mulai difungsikan sebagai taman rekreasi dan edukasi sejak tahun 2008 silam.

3. Pandawa Water World Solo Baru


Pandawa Water World Solo Baru

Berlokasi di Solo Baru, Pandawa Water World Solo Baru adalah sebuah wahana air sudah sangat populer di Kota Solo. Wisata ini menawarkan pengalaman bermain air yang mengasyikkan bagi pengunjungnya lengkap dengan berbagai fasilitas sehingga cocok untuk semua umur. Untuk harga tiket masuk wisata ini Anda dikenakan biaya Rp 50.000 pada hari Senin sampai Jumat, dan Rp 100.000 di hari Sabtu dan Minggu.

4. Pasar Klewer


Pasar Klewer

Pasar Klewer adalah pusat tekstil paling besar di kota Solo dengan lebih dari 2.000 pedagang yang berjualan setiap harinya. Terletak di sebelah alun-alun Kota Solo membuat para pengunjung dapat menemukan berbagai macam jenis batik di Pasar Klewer ini, mulai dari batik produksi dalam negeri, sampai batik produksi luar negeri. Seiring dengan berjalannya waktu, kini Pasar Klewer mulai menjual pakaian selain batik seperti kaos, jaket, seragam sekolah, dasi dan ada juga yang menawarkan jasa jahit sesuai permintaan pelanggan.

5. Taman Sriwedari


Taman Sriwedari

Taman Sriwedari adalah satu-satunya taman yang berada di Kecamatan Lawiyan dengan ciri khas bangunannya yang masih tradisional. Di zaman dahulu, taman ini dibuat hanya untuk tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan saja. Namun saat ini, Taman Sriwedari telah menjadi objek wisata di Solo yang menarik untuk dikunjungi. Di samping itu, di kawasan ini juga terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari yang memperlihatkan seni wayang bertemakan kisah Mahabarata dan Ramayana.

6. Tugu Lilin


Tugu Lilin

Merupakan monumen peringatan 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo, Tugu Lilin memiliki bentuk unik yang menyerupai sebuah lilin menyala. Tugu Lilin yang berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo ini konon adalah sebuah lambang pengabdian dan semangat semasa perjuangan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara Indonesia.

7. Kampoeng Batik Kauman


Kampoeng Batik Kauman

Kampoeng Batik Kauman merupakan tempat wisata di Solo masuk dalam kategori wisata belanja. Di Kampoeng Batik Kauman inilah pusat kerajinan batik diciptakan. Letaknya tidak jauh dari Keraton Kasunan Surakarta di pusat kota Solo. Produksi batik disini kebanyakan mempunyai warna gelap dengan motif modern. Selain itu produk batik disini juga dinilai berkualitas, sehingga membuatnya memiliki harga yang fantastis hingga jutaan rupiah.

8. Air Terjun Jumog


Air Terjun Jumog

Selanjutnya adalah Wisata Air Terjun Jumog. Selain Grojogan Sewu Tawangmangu, Air Terjun Jumog juga bisa dijadikan alternatif tempat wisata alam yang cukup populer di Solo. Berjarak sekitar 40 Km dari kota Solo, wisata ini menawarkan panorama alam yang indah dengan biaya yang relatif murah. Cukup dengan Rp 5.000/orang Anda sudah bisa menikmati keindahan Air Terjun Jumog dan bermain air di bawah air terjun tersebut.

9. Keraton Surakarta


Keraton Surakarta

Wisata yang tidak memakan banyak biaya lainnya adalah Keraton Surakarta. Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja wisatawan sudah bisa berkeliling menikmati koleksi benda kuno di museum dan juga berfoto.

10. Museum Manusia Purba Sangiran


Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran adalah satu-satunya museum yang unik di Kota Solo. Di museum ini terdapat berbagai macam koleksi fosil-fosil manusia purba. Jika dihitung, umur fosil di museum ini ada yang mencapai 2 juta tahun. Dengan total lebih dari 13.000 koleksi fosil manusia purba, museum ini dinilai sebagai museum manusia purba terlengkap di Benua Asia. Tidak hanya itu, Museum Manusia Purba Sangiran juga memiliki koleksi lain berupa fosil tumbuhan, hewan, batu dan alat-alat yang biasa digunakan oleh manusia purba di zaman dahulu.

Itulah 10 Spot yang Wajib Dikunjungi di Kota Solo versi Arif Wahyuni. Semoga dengan ulasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Artikel Terkait

Seorang pemuda yang ingin berbagi informasi dan pengalaman di dunia maya

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon