Selasa, 06 Juni 2017

7 Kebiasaan Sepele Untuk Menghindari Timbulnya Jerawat

Arif Wahyuni - Wajah merupakan bagian dari anggota tubuh yang sangat berperan penting dalam hal penampilan atau facion, karena wajah ini adalah sumber dari penampilan. Jika wajah kita tidak sehat atau bahkan tidak lengkap bagian-bagiannya maka akan membuat kita menjadi minder jika bertemu dengan seseorang.

Alangkah indahnya jika kita mempunyai wajah yang bersih dan berseri tanpa ada cacatnya sedikitpun, pasti kita akan merasa percaya diri dengan wajah yang demikian. Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus merawat serta menjaga atas karunia Tuhan yang satu ini.

Kebiasaan Sepele Untuk Menghindari Timbulnya Jerawat

Salah satu penyakit paling umum yang mengintai wajah manusia adalah timbulnya jerawat. “Jerawat itu penyakit kayak apa sih om?” Jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori pada kulit yang tersumbat minyak sehingga mengakibatkan kantung nanah pada kulit yang meradang.

Sebenarnya timbulnya jerawat sendiri dikarenakan beberapa faktor, dan salah satunya yaitu keadaan kulit yang memproduksi minyak secara berlebih. Pada saat masa pubertas remaja, produksi minyak pada wajah meningkat pesat. Selain itu, penyebab produksi minyak yang berlebih juga bisa dialami ketika wanita sedang menstruasi dan juga pada saat hamil. Jadi, dengan adanya faktor tersebut Anda tidak perlu heran apabila pada saat itu juga wajah Anda yang tadinya berseri dihinggapi oleh jerawat ini.

“Lalu, gimana cara menghindari datangnya jerawat ini om?”

Sebenarnya banyak sekali cara untuk menghindari jerawat. Disamping menggunakan sebuah produk untuk penghilang jerawat yang tentunya harganya tidak murah, dengan kebiasaan sehari-hari kita pun ternyata juga ampuh dalam hal menghindari timbulnya jerawat diwajah. Nah, pada kali ini Arif Wahyuni akan membahasnya secara tuntas hal tersebut dengan judul 7 Kebiasaan Sepele Untuk Menghindari Timbulnya Jerawat.

7 Kebiasaan Sepele Untuk Menghindari Timbulnya Jerawat


1. Menghindari stres yang berlebihan

Stres ternyata bisa menimbulkan penyakit jerawat. “Mengapa?” Karena pada saat stres produksi minyak pada wajah akan menambah dan pada akhirnya dapat timbul jerawat. Oleh karena itu, hindari stres mulai dari sekarang dan biasakan untuk hidup santai agar terhindar dari penyakit jerawat ini.

2. Mencuci tangan ketika akan menyentuh wajah

Salah satu organ tubuh yang sering kali digunakan dalam hal apapun yaitu tangan. Ketika tangan kita setelah menyentuh suatu barang seperti laptop, HP atau yang lain pasti didalamnya terdapat bakteri yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang. Dengan mencuci tangan ketika hendak menyentuh wajah secara langsung ampuh untuk menghindari datangnya jerawat pada wajah.

3. Mengkonsumsi air putih

Didalam tubuh manusia, diantaranya terdapat 70% yang mengandung unsur air. Kegunaan dari air tersebut tak lain adalah sebagai sumber tenaga untuk beraktivitas disamping makanan yang mengandung karbohidrat. Dengan mengkonsumsi air secukupnya, tubuh akan merasa seimbang serta dapat terhindar dari timbulnya jerawat.

4. Jangan sering meminjam handuk orang lain

Dalam hal penggunaan handuk secara bersamaan, ternyata juga dapat menimbulkan jerawat pada kulit. Hal tersebut dikarenakan bekas kulit yang ada pada handuk tersebut belum tentu steril atau cocok dengan kulit kita. Dan bila handuk itu bercampur dengan kulit yang berbeda maka akan timbul jerawat atau penyakit kulit lainnya. Yang sering joinan, mulai sekarang dihindari ya. :-D

5. Olahraga secara teratur dan jangan berlebihan

6. Memakan makanan yang bergizi

Sayur dan buah-buahan adalah makanan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan memakan makanan yang banyak mengandung vitamin E dapat terhindar dari penyakit jerawat. Karena sifat vitamin E ini sangat baik untuk kulit dan membuat kulit tampak awet muda.

7. Rajin mencuci muka

Selama aktivitas, kulit kita akan terus memproduksi minyak. Dan minyak pada wajah tersebut dapat mengakibatkan timbulnya jerawat. Tips agar terhindar dari produksi minyak ini ternyata cukup menggunakan air.

Mencuci muka secara rutin akan membersihkan minyak pada wajah. Usahakan setiap kali setelah beraktivitas seharian basuhlah wajah Anda menggunakan air bersih. Pada saat malam menjelang tidur, usahakan wajah Anda juga sudah dalam kondisi terbasuh. Hal ini dilakukan karena produksi minyak yang yang banyak umumnya setelah beraktivitas berat dan pada saat tertidur.

Catatan : Timbulnya jerawat pada tubuh manusia ternyata tidak hanya dibagian wajah saja, akan tetapi dibagian dada dan punggung juga bisa timbul. Untuk itu, Anda harus bisa menjaga tubuh Anda terutama dengan bakteri, karena sifat dari bakteri ini sangatlah sensitif terhadap sentuhan sehingga dengan sentuhan tersebut akan menimbulkan iritasi pada kulit.

Berhubungan saya sudah capek nulisnya, saya akhiri dulu pembahasan hari ini mengenai 7 Kebiasaan Sepele Untuk Menghindari Timbulnya Jerawat. Dan semoga artikel yang saya tulis diatas bisa bermenfaat untuk Anda maupun orang sekitar Anda.

Artikel Terkait

Seorang pemuda yang ingin berbagi informasi dan pengalaman di dunia maya

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon