Senin, 05 Juni 2017

Boleh Tidak Ibu Hamil Memakan Makanan Pedas?

Arif Wahyuni - Makanan pedas serasa tidak dapat dihindari dalam kehidupan sehari-hari kita, dikarenakan setiap bumbu masakan dalam makanan itu pasti didalamnya terdapat bumbu yang sangat mempengaruhi citarasa masakan. Dan salah satu bumbu yang tidak dapat terlewati tersebut adalah cabai.

Wanita hamil memang selalu dikelilingi dengan berbagai macam mitos mengenai boleh tidaknya dalam melakukan segala hal, termasuk juga dalam hal mengkonsumsi makanan-makanan tertentu.

Boleh Tidak Ibu Hamil Memakan Makanan Pedas?

Ibu hamil terkadang mempercayai mitos akan hal memakan sesuatu dengan rasa pedas. Hal ini justru membuat para ibu hamil tertekan dan khawatir jika hendak mengkonsumsi makanan pedas.

Kebanyakan makanan dengan citarasa pedas dihasilkan oleh cabe merah dan cabe rawit. Selain itu, makanan pedas juga bisa ditemui pada olahan bumbu dapur dan rempah seperti halnya pada merica, lengkuas, lada hitam, jahe dan lain-lain.

Makanan dengan citarasa pedas memang dapat membangkitkan nafsu makanan didalam tubuh. Disamping itu, makanan pedas juga terbukti pada sebuah penetian bahwa terdapat banyak sekali manfaatnya seperti menurunkan tekanan darah dalam tubuh, menyehatkan jantung, bahkan juga bisa mencegah terjadinya kanker.

Nah, bagaimana jika ibu hamil mengkonsumsi makanan pedas? Apakah dengan mengkonsumsi makanan tersebut malah dapat membahayakan janin dalam kandungan? Temukan jawabannya di bawah ini!

1. Jangan Berlebihan


Sebenarnya ibu hamil tidak ada larangan dalam memakan makanan pedas atau sejenisnya. Cuma ada hal yang harus digaris bawahi selama pada masa kehamilan adalah jumlah dan takaran makanan yang akan dikomsumsi sebaiknya jangan berlebihan dan makanlah dengan jumlah sewajarnya.

Akan tetapi, diantara makanan-makanan yang tidak dilarang tersebut ada beberapa makanan yang harus dihindari seperti halnya kare dikarenakan makanan ini terkenal sangat panas dan pedas. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya gangguan pencernaan pada usus dan lambung yang dapat menyebabkan gangguan kehamilan bahkan keguguran.

2. Hindari Jika Makanan Berpotensi Membuat Mulas


Campuran gule dan bumbu citarasa pedas membuat perut berpotensi membuat perut mulas. Meskipun pedasnya tidak terlalu menyengat tidak menjadikan patokan agar bisa menikmati makanan kesukaan Anda.

Akan tetapi, jika makanan yang Anda makan mempunyai citarasa pedas yang tajam, misalkan cabe rawit yang sudah terkenal super pedas bahkan bisa membuat mata perih. Alangkah baiknya jika Anda menghindarinya sementara pada masa kehamilan berlangsung.

3. Mengkomsumsi Air Putih dan Buah-buahan


Makanan pedas sebaiknya dihindari oleh ibu hamil dengan usia kehamilannya yang masih muda. Karena hal tersebut dapat memicu rasa mual dan muntah serta rasa panas dalam perut.

Ada beberapa tips untuk menghindari hal tersebut yaitu dengan mengkomsumsi air putih dan juga buah-buahan. Dengan air putih yang banyak serta diimbangi dengan buah-buahan mampu mengurangi rasa panas pada perut. Mengapa? Karena dengan air putih dan buah-buahan tersebut dapat dijadikan sebagai penetral rasa mual pada ibu hamil. Oleh karena itu konsumsi air putih dan buah mulai dari sekarang.

Mungkin hanya itu saja pembahasan hari ini mengenai boleh tidaknya ibu hamil memakan makanan pedas yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi diatas dan bisa menambah wawasan Anda.

Artikel Terkait

Seorang pemuda yang ingin berbagi informasi dan pengalaman di dunia maya

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon