Minggu, 11 Juni 2017

PENTING! Inilah Akibat Terlalu Banyak Memakan Cabai

Arif Wahyuni - Cabai, siapa yang tak kenal dengan tumbuhan yang satu ini. Sejak zaman dahulu cabai ini sudah sangat populer namanya. Pengertian dari cabai adalah buah sekaligus tumbuhan yang tergolong anggota Genus Capsicum. Buah cabai ini bisa disebut sebagai bumbu maupun sayuran tergantung sesuai kebutuhan.

Pada umumnya, kegunaan dari cabai ini biasanya dijadikan sebagai tambahan bumbu dalam sebuah masakan guna untuk memberikan rasa pedas serta aroma yang sedap. Tumbuhan dengan nama latin Capsicum annum ini masih tergolong dengan tumbuhan Nightshade seperti halnya kentang, tomat, terong dan lain-lain.

Akibat Terlalu Banyak Memakan Cabai

Dalam sebuah cabai, terdapat rasa yang khas yakni rasa pedas. Di samping itu, aroma dari cabai ini sangatlah tajam. Warna dari cabai dari dulu sangatlah beragam, mulai dari merah, orange, kuning sampai berwarna hijau. Hal ini tergantung pada letak dari wilayah yang ditanami cabai tersebut.

Seperti yang Anda lihat, bahwa cabai memiliki manfaat yang sangat banyak. Dengan cabai Anda bisa menggunakannya sebagai menurunkan berat badan, penghilang rasa sakit bahkan melancarkan pernafasan pun juga bisa Anda gunakan dengan tanaman yang satu ini.

Namun, tahukan Anda apabila kita mengkonsumsi cabai dengan banyak atau secara berlebih justru akan menimbulkan efek samping pada tubuh kita. Nah, pada kesempatan ini Arif Wahyuni akan mengulas tentang Akibat Terlalu Banyak Memakan Cabai. Jadi bagi Anda yang sangat suka dengan tanaman yang satu ini, alangkah baiknya jika Anda menyimak pembahasan yang akan kami tulis agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang dapat mambahayakan tubuh Anda.

Secara garis besar, memang cabai memiliki banyak sekali kasiat didalamnya. Akan tetapi, jika kita memakannya dengan jumlah yang banyak malah bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Pepatah pernah bilang “Segala sesuatu jika berlebihan, justru tidak akan baik.”

Sebenarnya, dampak terlalu banyak memakan cabai begitu banyak. Namun pada kali ini saya akan menyebutkan dampaknya 3 saja.

1. Penyakit Mag


Penyakit gastritis atau biasa disebut dengan mag dapat menyerang Anda jika Anda terlalu banyak memakan cabai. Mengapa? Hal ini dikarenakan ketika terlalu banyak memakan cabai, permukaan lambung dalam perut kita akan rapuh (lemah) sehingga mengakibatkan lambung kita mudah sekali terluka. Lapisan pada lambung pada perut bisa menipis disebabkan terlalu banyak mengkonsumsi cabai secara berlebih.

2. Alergi


Pernahkah lidah Anda merasakan rasa hambar ketika mengkonsumsi makanan atau minuman? Nah, hal ini dapat terjadi karena nafsu makan kita menjadi berkurang dikarenakan terlalu banyak memakan cabai dalam jumlah yang besar.

3. Penyakit Diare


Nah, kalau yang ini Anda sudah pada tahu kan? Bahkan juga Anda pernah mengalaminya sendiri dirumah. Apabila didalam perut Anda terasa panas dan merasa bahwa Anda ingin sekali pergi kamar mandi untuk buang air besar. Terlalu banyak memakan cabai adalah faktor utama penyebab semua itu. Hal ini bisa terjadi karena pada usus kita mengalami produksi yang sangat cepat sehingga timbul diare. Usus bisa terlalu sensitif jika diakibatkan oleh rasa pedas yang terkandung dalam cabai.

Dari beberapa penjelasan diatas mengakhiri pembahasan kami mengenai Akibat Terlalu Banyak Memakan Cabai telah selesai. Semoga artikel yang kami tulis ini bisa menjadi wawasan tambahan tentang dampak akibat terlalu banyak makan cabai.

Artikel Terkait

Seorang pemuda yang ingin berbagi informasi dan pengalaman di dunia maya

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon