Sabtu, 10 Juni 2017

6 Penyebab Mata Minus yang Paling Umum

Berbicara mengenai mata pasti kalian sudah tidak asing lagi, karena pada dasarnya setiap manusia terlahir pasti mempunyai sepasang mata terkecuali untuk orang-orang tertentu yang tidak dikarunia mata.

Mata merupakan sebuah indra dari kelima indra pada manusia yang digunakan sebagai alat penglihatan yang mendeteksi datangnya cahaya. Secara umum pengertian mata yaitu organ dari salah satu tubuh yang berguna untuk mengetahui lingkungan disekitarnya, apakah gelap atau terang.

Penyebab Mata Minus yang Paling Umum

Didalam sebuah mata, terdapat banyak sekali komponen penting yang saling berhubungan satu sama lain. Jika salah satu dari komponen tersebut rusak atau cacat maka dapat berakibat buruk pada mata kita.

Salah satu komponen yang paling penting dalam mata yaitu kornea. “Kornea itu apa sih om?” Kornea adalah salah satu dari bagian mata yang tembus pandang letaknya berada didepan mata. Jika kornea ini disentuh maka secara refleks kelopak mata akan tertutup.

Fungsi kornea ini sebagai alat untuk menyesuaikan jumlah cahaya yang masuk pada mata kemudian dilanjutkan pada pupil mata. Dengan begitu, mata akan memusatkan perhatiannya terhadap benda atau objek disekitar yang kemudian disalurkan ke otak.

Apabila suatu saat mata Anda mengalami gangguan seperti kelengkungan pada kornea lebih pendek dan juga sumbu bola mata yang terlalu panjang, hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya mata minus. Sebaiknya, pola makan dan kebiasaan sehari-hari yang mengakibatkan mata lelah kurangi mulai sekarang juga. Bila Anda membiarkan hal tersebut maka bersiap-siaplah penyakit mata minus menghampiri Anda.

Pada postingan kami kali ini akan membahas seputar penyebab mata minus pada umumnya yang biasanya banyak sekali orang menyepelekan hal tersebut. Postingan ini kami beri judul 6 Penyebab Mata Minus Yang Paling Umum yang akan dikutip langsung oleh admin Arif Wahyuni secara luas.

Sebenarnya penyebab dari mata minus sangatlah banyak, akan tetapi kami akan menjelaskannya hanya 6 saja yang paling umum dialami oleh kebanyakan orang. Berikut penyebab mata minus yang harus Anda perhatikan:

6 Penyebab Mata Minus yang Paling Umum


1. Bermain Game Terlalu lama


Bermain game adalah hiburan hati yang sangat digemari oleh semua orang seperti halnya Play Station. Namun, jika hal itu dilakukan dengan jangka waktu yang cukup lama malah bisa mengakibatkan mata minus. Jadi Anda harus hati-hati.

2. Posisi Membaca yang Salah


Dalam membaca suatu buku atau novel, terdapat aturan yang dimana aturan tersebut dilanggar akan berdampak buruk pada mata. Posisi membaca sambil tidur adalah posisi yang SALAH ketika membaca suatu buku. Karena jika posisi ini tetap Anda lakukan secara terus-menerus jangka waktu lama akan berakibat fatal bagi mata Anda.

Kegiatan membaca buku yang baik setidaknya berjarak minimal 30 cm. Selain itu, kegiatan membaca menggunakan lampu yang kurang terang juga salah satu penyebab terjadinya mata minus.

3. Mengkonsumsi Gula Berlebih


Sadar atau tidak, penyebab mata minus yang selanjutnya adalah mengkonsumsi gula yang berlebihan. Sebab beberapa penetian sudah mengatakan bahwa jika terdapat gula pada pada suatu makanan atau minuman juga mengakibatkan penyakit mata minus.

4. Faktor Pekerjaan


Setiap pekerjaan pasti terdapat efek samping dari pekerjaan itu. Entah itu badan terasa berat dan lelah sampai tertuju pada mata menjadi minus. Pekerjaan memandang layar komputer dengan jangka waktu yang lama dapat membuat mata Anda menjadi minus. Oleh karena itu, cobalah untuk setiap 5 sampai 10 menit sekali untuk tidak fokus terhadap layar. Lakukan hal tersebut selama -+ 1 menit agar terhindar dari mata minus.

5. Pola Makan yang Tidak Teratur


Pola makan yang tidak teratur seperti kurangnya mengkonsumsi buah dan sayur juga mengakibatkan mata minus. Untuk itu, perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin A. Sebab vintamin A ini sangat dibutuhkan oleh mata agar terhindar dari mata minus.

6. Faktor Lingkungan Sekitar


Keadaan bersih tidaknya lingkungan juga sangat berpengaruh pada kesehatan, tak lebih pada kesehatan mata. Dengan banyaknya polusi udara yang berada disekitar kita, kebersihan serta kesehatan mata juga akan berkurang. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya debu yang masuk ke mata.

Menurut pengalaman pribadi saya, jika mata Anda terasa panas, penglihatan buram atau bahkan merasakan pusing pada saat menghadap komputer, cobalah untuk berjalan-jalan sejenak. Dengan berjalan titik pandang mata juga akan berubah yang tadinya memandang dengan jarak demikian, berubah menjadi demikian. Hal tersebut bertujuan untuk merilekskan mata agar tidak tegang. Disamping itu, cara tersebut juga ampuh untuk menghindari mata minus.

Sementara cukup itu saja pembahasan kami mengenai 6 Penyebab Mata Minus Yang Paling Umum, semoga dengan adanya artikel yang telah ditulis Arif Wahyuni ini menjadi bahan ilmu untuk menghindari penyakit mata minus.

Artikel Terkait

Seorang pemuda yang ingin berbagi informasi dan pengalaman di dunia maya

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon