Selasa, 30 Mei 2017

Tradisi Kebiri Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman China Kuno

Kebiri atau pengebiran jika diartikan dalam bahasa dokter disebut dengan Gonadectomy. Gonadectomy merupakan suatu proses pemotongan genital pada makhluk hidup dengan maksud untuk menghilangkan suatu fungsi biologis.

Hal ini biasa digunakan untuk pengobatan kanker prostat agar mengurangi asupan hormon testoteron atau bahkan menghilangkannya secara kimia. Dengan berkurangnya kanker prostat maka pertumbuhan kanker juga akan ikut melambat.

Tradisi Kebiri Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman China Kuno

Tahukah Anda bahwa di zaman dahulu pengebiran ini dilakukan sebagai hukuman bagi pelaku kejahatan? Namun, sejarah berpendapat lain. Asal mula pengebiran ini sebenarnya bukan semata sebagai hukuman saja, ada juga pengebiran yang dilakukan dengan sengaja seperti yang berasal dari Kota Lagash di Sumeria atau Asiria. Umumnya anak laki-laki disana sejak kecil mereka sudah dalam keadaan dikebiri.

Pada zaman China kuno, pengebiran merupakan tradisi yang harus dilakukan oleh kaum pria yang meranjak dewasa. Praktik ini dijalankan selama beberapa dinasti.

Saat itu, tradisi pengebiran di China merupakan syarat untuk memperoleh pekerjaan di istana bagi kaum laki-laki. Hal tersebut dikarenakan agar seorang lelaki bisa mendapatkan kekuasaan yang besar didalam istana.

Kasim atau budak laki-laki yang sudah dalam keadaan dikebiri akan mendapatkan kepercayaan besar oleh kaisar. Sebab mereka tidak mungkin tergoda untuk merebut kekuasaan dan memulai sebuah dinasti baru.

Di China terdapat dua teknik pengebiran yang diperuntukkan oleh kasim. Pertama yaitu melakukan proses kebiri saat seseorang sudah dewasa. Dan yang kedua yaitu melakukan proses kebiri saat orang tersebut masih remaja atau anak-anak.

Area tersebut akan dijepit kurang lebih 3 kali dalam sehari agar pertumbuhan hormon menjadi terhambat. Dengan demikian, kasim yang telah dikebiri akan memiliki karakter femenin seperti tidak dapat tumbuh jakun dan suara kecil.

Artikel Terkait

Seorang pemuda yang ingin berbagi informasi dan pengalaman di dunia maya

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon