Minggu, 04 Juni 2017

5 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

Nangka Belanda atau biasa disebut sirsak merupakan tumbuhan herbal yang berasal dari Negara Amerika Selatan, Amerika Tengah dan Karibia. Di berbagai wilayah di Indoneisa kebanyakan orang menyebutnya dengan nangka landa (Jawa), nangkelan (Madura), durian betawi (Minangkabau), jambu landa (Lampung) sampai yang paling terkenal saat ini yaitu sirsak (Sunda). Dikutip dari Wikipedia Indonesia.

Sesuai dengan nama dan variasinya, sirsak ini menunjukkan bahwa ia berasal dari bahasa Belanda yakni “zuurzak” yang berarti kantung asam. Kemudian tanaman ini didatangkan oleh bangsa kolonial Belanda ke berbagai Nusantara termasuk Indonesia pada abad ke 19.


Tanaman ini memiliki buah daging cukup banyak dan tebal yang didalamnya terdapat banyak mengandung serat seperti kadar vitamin C yang cukup tinggi. Antioksidan yang terdapat pada buah sirsak pun juga cukup banyak.

Disamping manfaatnya yang banyak terdapat pada dagingnya, daun dari tumbuhan sirsak ini ternyata juga memiliki kemampuan yang sangat hebat dalam hal penyembuahan kanker, bahkan setara dengan efek kemoterpi.

“Terus apalagi manfaat dari daun sirsak ini om selain sebagai menyembuhkan kanker?”

Nah, kebetulan kami selaku admin Arif Wahyuni kali ini akan membahas seputar manfaat dari daun sirsak yang kebanyakan orang-orang belum mengetahuinya. Berikut ulasannya!.

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan


1. Mengatasi Asam Urat


Mengatasi Asam Urat

Penyakit asam urat adalah suatu penyakit yang menyerang seseorang akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung purin. Kebanyakan purin terdapat pada buah belinjo. Bagi Anda yang saat ini suka sekali dengan buah belinjo sebaiknya jangan berlebihan jika mengkonsumsinya. Namun, jika Anda sudah terlanjur terserang penyakit asam urat ini, Anda tidak perlu khawatir. Karena penyakit tersebut dapat terselesaikan dengan menggunakan daun sirsak.

Caranya:
  • Siapkan daun sirsak secukupnya.
  • Kemudian bersihkan (cuci) dahulu mengguanakan air.
  • Rebus daun sirsak yang sudah dicuci tadi.
  • Terakhir minumlah selagi masih hangat.
  • Lakukan secara rutin.

2. Ampuh Atasi Jerawat


Ampuh Atasi Jerawat

Kandungan yang ada dalam daun sirsak ternyata ampuh untuk mencegah timbulnya jerawat pada wajah. Pada zaman dahulu, ramuan ini telah banyak digunakan oleh nenek moyang kita dalam hal menjaga kecantikannya.

Caranya:
  • Siapkan daun sirsak secukupnya.
  • Kemudian tumbuk.
  • Setelah itu, tambahkan sedikit air dan usapkan pada wajah Anda.
  • Tunggu setidaknya -+ 10 menit.
  • Terakhir bersihkan dengan air.

3. Mampu Menurunkan Kolesterol


Mampu Menurunkan Kolesterol

Pada beberapa tahun lalu, para ilmuwan mengadakan beberapa kali penelitian bahwa daun sirsak ini cukup akurat untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Didalam daun sirsak terdapat sebuah zat yang ampuh menyingkirkan kolesterol pada tubuh. Kebanyakan timbulnya kolesterol ini kurang efektifnya seseorang dalam memilih makanan, contohnya ayam goreng, bebek goreng, jajan gorengan. Makanan-makanan tersebut adalah makanan yang sering kali dijumpai oleh banyak orang yang didalamnya kaya akan kolesterol jahat.

Dan saran kami, jangan terlalu berlebihan memakan makanan yang berminyak, apalagi minyak tersebut sebelumnya telah digunakan sampai warnanya berubah menjadi hitam pekat. Jika Anda mengathui hal itu, hindarilah karena kolesterol dapat menghampiri tubuh Anda setiap saat.

4. Dapat Dijadikan Obat Wasir


Dapat Dijadikan Obat Wasir

Tahukah Anda bahwa daun sirsak ternyata juga bisa untuk obat wasir. Seperti pada umumnya, wasir merupakan sebuah penyakit yang menyerang pada anus berupa pembengkakkan. Apabila wasir ini tidak di tangani secara serius, maka wasir dapat menyebabkan si penderitanya terasa sangat nyeri bahkan mengeluarkan darah.

Uniknya, penyakit tersebut bisa di tangani dengan obat herbal disekitar kita yaitu menggunakan daun sirsak. Dalam daun sirsak mengandung zat yang mampu menghentikan pendarahan pada anus. Selain tu, daun sirsak juga mampu membuat otot disekitar anus menjadi rileks sehingga sedikit demi sedikit pembengkakkan menjadi berkurang secara alami.

5. Alternatif Alami Obat Kanker


Alternatif Alami Obat Kanker

Daun sirsak didalamnya memiliki khasiat untuk mengobati serta mencegah datangnya kanker. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan, daun sirsak mengandung zat proaktif. Zat ini ampuh untuk membunuh sel kanker pada tubuh. Selain itu, zat tersebut juga bisa menganalisis sel mana yang harus dibunuh dan sel mana yang harus tetap hidup.

Caranya:
  • Siapkan daun sirsak secukupnya.
  • Bersihkan dengan air.
  • Rebus daun sirsak dalam panci.
  • Kemudian minum selagi masih hangat.
  • Lakukan cara ini setap pagi dan sore selama beberapa minggu.
  • Efeknya akan berasa setelah 3 minggu mengkonsumsinya.

Mungkin hanya itu saja informasikan yang dapat kami berikan kepada Anda semua. Semoga informasi tentang 5 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh diatas bisa menambah wawasan tentang pentingnya memanfaatkan obat herbal disekitar Anda.

Artikel Terkait

Seorang pemuda yang ingin berbagi informasi dan pengalaman di dunia maya

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon