Minggu, 04 Juni 2017

Penyebab Paling Umum Punggung Menjadi Bungkuk

Memiliki postur tubuh yang normal adalah idaman bagi semua umat manusia. Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjaga dan merawat tubuh kita agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, terutama yang paling sering dialami oleh banyak orang adalah keadaan punggung yang bungkuk.

Punggung merupakan bagian dari organ tubuh yang letaknya berada dibelakang antara pinggang dan kepala. Punggung ini berfungsi sebagai titik tumpuan badan pada saat kita duduk. Biasanya punggung manusia dilindungi oleh tulang punggung yang berjumlah 33 tulang dimana 5 diantaranya bergabung membentuk sebuah bagian sacral, dan 4 tulang membentuk bagian tulang ekor.

Penyebab Paling Umum Punggung Menjadi Bungkuk

Salah satu penyakit yang biasa menyerang punggung ini adalah kebungkukkan yang diakibatkan oleh banyak sekali faktor. Dengan postur tubuh yang bungkuk rasa percaya diri pada seseorang tersebut akan berkurang, bahkan dianggap tidak mempunyai gairah hidup.

Namun, anggapan seperti tidak punya gairah atau malas tersebut belum tentu benar. Memang, ketika postur tubuh yang bungkuk harus secepatnya ditangani dengan serius. Apabila hal tersebut dibiarkan secara terus-menerus dapat mengganggu kesehatan lainnya bila jangka waktunya yang cukup panjang seperti rasa nyeri dibagian punggung dan leher.

Untuk Anda yang belum terserang penyakit yang satu ini, alangkah baiknya jika Anda mengetahui tentang Penyebab Paling Umum Punggung Menjadi Bungkuk yang akan dikutip oleh Arif wahyuni agar Anda bisa mencegahnya dikemudian hari.

Penyebab Paling Umum Punggung Menjadi Bungkuk


1. Posisi Berjalan Yang Salah


Posisi Berjalan Yang Salah

Dalam kehidupan sehari-hari kita tak lepas dengan adanya aktivitas berjalan, terkecuali mereka yang mempunyai suatu penyakit yang mengakibatkan tidak bisanya berjalan. Namun, berjalan juga ada aturannya loh! Bila hal ini disepelekan maka mengakibatkan postur tubuh Anda menjadi bungkuk.

Mulai sekarang juga, hindari kebiasaan berjalan dengan bahu yang merosot kebawah. Karena jika Anda tetap melakukan hal tersebut dengan jangka waktu yang panjang, punggung bungkuk dapat mengintai Anda kapanpun.

2. Kurangnya Nutrisi Pada Tubuh


Kurangnya Nutrisi Pada Tubuh

Nutrisi atau vitamin pada tubuh memang sangat penting untuk memelihara tubuh agar tetap bugar dan sehat. Kalsium dan fosfor sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang, termasuk tulang punggung.

Apabila tulang punggung kita dipaksa untuk bekerja tanpa diimbangi dengan adanya nutrisi pada tubuh akan berdampak pada kebungkukkan. Nah, dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung kalsium serta fosfor tersebut akan membantu mencegah terjadinya punggung bungkuk. 

3. Faktor Pekerjaan


Faktor Pekerjaan

Sebuah pekerjaan yang dilakukan dengan duduk selama berjam-jam seperti pekerjaan kantor adalah penyebab paling umum terjadinya punggung kita menjadi bungkuk. Saran kami konsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung kalsium dan fosfor guna untuk memperkat tulang punggung Anda agar terhindar dari pembungkukkan.

4. Posisi Duduk Yang Salah


Posisi Duduk Yang Salah

Banyak orang menyepelekan aktivitas duduk hanyalah sebuah aktivitas yang biasa. Namun, perlu dikatahui bahwa dengan posisi duduk yang salah justru dapat membuat efek samping pada tubuh Anda sendiri.

Ketika Anda menikmati duduk santai dihalaman rumah atau yang lain, usahakan posisi punggung Anda tetap tegak. Jika Anda tidak menghiraukan hal tersebut, maka bersiap-siaplah postur tubuh Anda yang dulunya tegak akan berubah menjadi bungkuk.

5. Posisi Tidur Yang Salah


Posisi Tidur Yang Salah

Tidur merupakan sebuah hal yang sangat enak jika dilakukan dimana sebelumnya kita dihajar keras oleh pekerjaan. Dengan tidur ini semua otot didalam tubuh akan rileks kembali setelah berkativitas seharian sehingga tubuh dapat beristirahat penuh.

Siapa bilang tidur tidak ada aturannya. Dengan posisi tidur yang baik akan membuat postur tubuh kita tetap normal. Usahakan ketika tidur, posisi badan sampai kaki tetap lurus dan penggunaan bantal yang berlebihan hendaknya dikurangi. Hal tersebut dilakukan agar postur tubuh tidak mengalami perubahan, terutama pada punggung agar tidak terjadi pembungkukkan.

Sebenarnya faktor penyebab punggung menjadi bungkuk sangatlah banyak sekali, namun kami hanya bisa membagikannya kepada Anda cuma 5 saja dan kami harap Anda memakluminya.

Demikian ulasan kami mengenai Penyebab Paling Umum Punggung Menjadi Bungkuk, semoga artikel yang telah ditulis oleh Arif Wahyuni diatas bisa menambah wawasan Anda tentang dunia kesehatan.

Artikel Terkait

Seorang pemuda yang ingin berbagi informasi dan pengalaman di dunia maya

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon